jump to navigation

C A M E O (sosok pengejut dalam film) 13 Agustus 2010

Posted by Nuzul Adam Sullivan in Film.
trackback

Peran cameo atau penampilan cameo (biasa disingkat jadi cameo) adalah munculnya seseorang yang terkenal di bidang performing acts, seperti teater, film, video games, dan televisi. Namun durasi mereka muncul tidak lama. Peran yang dimainkan tidak memiliki bobot besar pula. Kebanyakan cameo tidak diperlukan untuk berbicara.

Biasanya cameo ini muncul di sebuah kegiatan dimana orang terkenal tersebut merupakan seseorang yang spesial di kegiatan itu. Dari kalangan selebritis, pembuat film, politikus, atlet, musisi, atau bahkan karakter fiksi ternama bisa menjadi cameo.

Namun jangan salah sebut antara cameo dengan bintang tamu. Krena bintang tamu memiliki peran dalam memainkan sebuah jalan cerita. Sementara cameo cuma muncul dalam waktu singkat, tidak ada peran apa-apa selain faktor menghibur penonton.

Pada awal sejarahnya, cameo diperuntukkan bagi artis terkenal yang memerankan dirinya sendiri. Seperti sutradara ternama, Alfred Hitchcock, yang sering mengikutsertakan dirinya sendiri dalam film besutannya. Namun seiring perkembangan tidak harus seperti itu. Begitu banyak cameo yang tidak bermain sebagai dirinya. Seperti Sean Connery di Robin Hood: Prince Of Thieves (1999) yang memerankan karakter Raja Inggris bernama Richard. Perannya di film itu tidak signifikan. Dan memang sosok Sean Connery sendiri yang mau dijual. Peran Raja Richard di film itu tidak terlalu berarti.

Walaupun cameo muncul hanya sebentar di sebuah film, namun kehadirannya mampu menjadi elemen pengejut yang sangat efektif. Pasalnya, penonton tidak menyangka akan kehadiran cameo.

Sumber: Majalah HAI

Komentar»

1. machsus - 10 November 2010

maaf ijin shere ke forum laen

lll - 5 September 2012

Cok


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: