jump to navigation

Resume Presentasi Sistem Informasi Manufaktur 29 April 2010

Posted by Nuzul Adam Sullivan in Tugas SIM, Uncategorized.
trackback

Pada semester 4 ini, mata kuliah Sistem Informasi Manajemen (SIM) setiap mahasiswa membuat kelompok. Saya yang termasuk di dalamnya juga membuat kelompok beranggotakan 7 orang. Kelompok saya membahas tentang salah satu sistem yang termasuk dalam Sistem Informasi Manajemen, yaitu Sistem Informasi Manufaktur.

Sistem Informasi Manufaktur merupakan sistem yang digunakan untuk mendukung fungsi produksi yang meliputi seluruh kegiatan yang terkait dengan perencanaan dan pengendalian proses untuk memproduksi barang dan jasa. Sedangkan sistem manufaktur adalah sebuah sistem yang memanfaatkan pendekatan teknik industri untuk peningkatan kualitas, produktivitas, dan efisiensi sistem integral. Kemudian jenis bidang keilmuan yang dipelajari dalam Sistem Manufaktur ini antara lain sistem produksi, perencanaan dan pengendalian produksi, pemodelan sistem, perancangan tata letak pabrik, dan ergonomi.

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam Sistem Informasi Manufaktur adalah penyiapan proposal sistem. Proposal sistem adalah suatu penyulingan dari apa yang telah penganalisis pelajari dari perusahaan serta mengenai apa yang diperlukan untuk meningkatkan kinerjanya. Yang kedua adalah sampling dan investigasi data. Alasan analis sistem melakukan observasi adalah untuk menekan biaya, juga untuk mempercepat pengumpulan data. Kemudian yang terakhir adalah melakukan metode wawancara pada Sistem Informasi.

Yang digunakan dalam Sistem Informasi Manuaktur adalah Computer Aided Design (CAD). CAD adalah penggunaan komputer untuk membantu rancangan produk yang akan di-manufaktur. Pertama kali muncul dalam industri dirgantara sekitar 1960-an yang kemudian diadopsi oleh pembuat mobil. Kemidian yang digunakan dalam Sistem Informasi Manufaktur adalah Computer Aided Manufacturing (CAM). CAM adalah penerapan komputer dalam proses produksi. Mesin produksi khusus yang dikendalikan komputer menghasilkan produk sesuai dengan spesifikasi yang diperoleh dari rancangan. Terakhir adalah Robotik. Melibatkan robot industri dalam proses manufaktur.

Terakhir yang ingin saya bahas dalam resume ini adalah model dalam Sistem Informasi Manufaktur. Yang pertama adalah subsistem input. Merupakan sistem informasi mengumpulkan data intern ynag menjelaskan operasi manufaktur dan data lingkungan yang menjelaskan transaksi perusahaan dengan pemasoknya. Berikutnya adalah subsistem informasi akuntansi, adalah tugas mengumpulkan data yang menjelaskan operasi produksi dilaksanakan dengan terminal penggunaan data. Kemudian subsistem industrial engineering. Merupakan analisis sistem yang terlatih khusus mempelajari operasi manuaktur dan membuat saran-saran perbaikan. Selanjutnya yang terakhir adalah subsistem intelijen manufaktur. Subsistem intelijen Manufaktur membuat manajemen manufaktur tetap mengetahui perkembangan terakhir mengenai sumber-sumber pekerja, material dan mesin.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: