jump to navigation

Impor Kereta Dari Jepang 29 April 2010

Posted by Nuzul Adam Sullivan in Teknologi & Informasi, Uncategorized.
trackback

PT Kereta Api Indonesia Commuter Jabodetabek (KCJ) menambah 40 unit armada kereta api listrik (KRL) untuk menggantikan armada lama yang kurang handal dan sering macet. Penambahan jumlah ini juga bertujuan agar armada-armada lama yang rusak bisa lebih cepat diperbaiki.

Rencana pengadaan armada baru dalam tahun ini masih akan dilakukan hingga akhir 2010 dengan total penambahan 98 unit armada baru. Hal ini diungkapkan Direktur Utama PT KCJ, Bambang Wiyanto. Yang dalam penuturannya pengiriman akan dilakukan bertahap dalam bulan Mei dan Juni. Saat ini pengiriman hanya ada 10 unit.

Sebanyak 40 armada KRL yang dipesan dari Tokyo Metro Jepang ini tiap unitnya memiliki panjang 20 meter, lebar 3 meter, didesain dengan aluminium. KRL yang dilengkapi AC ini dijalankan dengan kekuatan 1.500  V, masing-masing unitnya memiliki 50 tempat duduk.

Kapasitas per kereta 136 orang (duduk dan berdiri) untuk unit TC (Trailer Car). Sedangkan untuk unit MC (motor car) mampu memuat 144 orang. Setiap armada memiliki empat pintu samping dan bisa dijalankan dengan kecepatan maksimum 110 km/jam.

Sekretaris Korporasi KCJ, Makmur Syarehan mengatakan, pengadaan unit-unit baru ini merupakan bagian dari program utama KCJ dalam meningkatkan kapasitas disamping renovasi stasiun, peningkatan K3 (keamanan, kenyamanan, keindahan), serta tiket elektronik.

Setiap hari PT KCJ rata-rata harus melayani kebutuhan transportasi sekitasr 420.000 warga Jabodetabek. Penambahan armada kali ini akan diprioritaskan kepada layanan daerah utama, di mana penumpang setiap hari membludak pada rute Bogor-Jakarta, Serpong-Jakarta, dan Bekasi-Jakarta.

Selain memperkuat jaringan yang sudah ada, penambahan ramada kali ini juga digunakan untuk mekanisme armada cadangan yang selama ini hampir tidak bisa dibuat karena seluruhnya terpakai.

Sumber: Harian Suara Pembaruan

Komentar»

1. Haris Istanto - 29 April 2010

Posting yang menarik, semoga sukses.
Silahkan kunjungi Blog kami http://www.harisistanto.wordpress.com, baca posting baru hari ini berjudul : “Wisata kepulau Bali”, serta artikel lain yang menarik, dan kalau berkenan mohon diberi komentar. Terima kasih.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: