jump to navigation

Gempa Cile Membuat Poros Bumi Bergerak 4 Maret 2010

Posted by Nuzul Adam Sullivan in Uncategorized.
trackback

Masih ingat film 2012? Film keluaran tahun 2009 yang disutradarai Roland Emerich. Ini menggambarkan sebuah bencana hebat yang mengubah poros bumi, di mana akhirnya bagian Benua Afrika menjadi wilayah tertinggi di dunia. Meski merupakan film fiksi, namun penggambarannya dilakukan dengan perhitungan ilmiah.

Sebuah gempa besar berpeluang membuat poros bumi bergeser. Menurut iluwan NASA, Amerika Serikat (AS), bencana hebat yang menimpa Cile tanggal 27 Februari 2010 lalu diyakini telah membuat poros bumi bergerak dan menjadikan hari berjalan sedikit lebih cepat. Dr. Richard Gross, ilmuwan peneliti dari NASA Jet Propulsion Laboratory di California mengkalkulasikan kalau poros planet bumi bergerak hingga 8 centimeter pada saat terjadinya gempa berkekuatan 8,8 skala richter (SR).

Pergeseran itu diyakini telah berdampak pada rotasi bumi. Pergerakan rotasi bumi secara penuh telah membuat satu hari berlangsung selama 24 jam. Namun, apabila poros bumi bergeser sejauh 8 centimeter saat terjadinya gempa Cile, dampaknya membuat satu hari menjadi lebih cepat sekitar 1,26 mikrodetik.

Dr. Gross mengkalkulasikan satu mikrodetik adalah sepersejuta per detik, sehingga tak dibutuhkan jam untuk mengukur kebenarannya. Menurut dia, sebenarnya poros bumi telah bergerak sejak bencana di Aceh, Indonesia yang menimbulkan tsunami mematikan di Asia pada 2004. Sedangkan gempa Cile semakin menggeser poros bumi tersebut.

Pada gempa di Asia pada 2004, posisi bumi bergeser sekitar tujuh cenimeter dan telah membuat satu hari menjadi lebih cepat sekitar 6,8 juta mikrodetik, demikian pernyataan NASA.

Sumber: Harian Suara Pembaruan

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: