jump to navigation

E-Commerce 31 Desember 2009

Posted by Nuzul Adam Sullivan in Tugas SIM.
trackback

Pada dasarnya, E-Commerce adalah bentuk dari transaksi ekonomi yang dilakukan secara digital. Seperti membeli baju dengan menggunakan kartu kredit, mengambil uang di ATM, membeli buku di situs amazon.com, dan meng-klik tombol submit dari internet. Jadi, semua transaksi atau semua kegiatan ekonomi dapat dilakukan secara digital.

Mengapa dilakukan e-commerce? Karena banyak hal yang bisa dilakukan dengan e-commerce. yaitu memperpendek biaya, memperpendek waktu, meningkatkan customer loyalty, dan melebarkan jangkuan.

Pelaksanaan e-commerce tentu saja dilakukan secara elektronik. salah satu contoh yang paling mudah adalah dengan adanya e-mail. Jadi orang bisa menulis surat dan mengirim surat secara elektronik. Automation, adalah pengganti proses bisnis manual ke proses bisnis otomasi. Kemudian ada streamlining/integration, adalah proses yang terintegrasi untuk mencapai hasil yang efisien. Publishing, adalah kemudahan berkomunikasi dan berpromosi untuk produk dan jasa yang diperdagangkan. Selanjutnya ada interaction, adalah pertukaran informasi/data antar pelaku bisnis dengan meminimalisasikan human error. Yang terakhir transaction, adalah kesepakatan dua pelaku bisnis untuk bertransaksi dengan melibatkan institusi lain sebagai fungsi pembayar.

Jenis dalam e-commerce antara lain Business to business, yaitu antar perusahaan tentang data berulang. Business to consumer, contohnya retail, pelanggan, dan konsep portal. Kemudian consumer to consumer, contohnya adalah lelang.

Sementara itu servis yang harus tersedia dalam e-commerce antara lain infrastruktur jaringan, directory services (LDAP, DNS), infrastruktur kunci publik, certification authurity, secure IP, secure e-mail (PGP, PEM, S/MIME), SSL, SSH, VPN, dan electronic payment.

Perkembangan e-commerce yang berbasis elektronik banyak peningkatan. yang dimaksud meningkat dalam hal ini adalah tidak dapat distop. Kemudian teknologi informasi mendominasi bursa saham. Hal ini dapat ditunjukkan dengan top 10 perusahaan dunia hanya terdiri dari dua jenis, yaitu, IT dan minyak. Sedangkan contoh aplikasi e-commerce yang banya dipergunakan seperti transaksi melalui komputer dan handphone. Ada juga dalam bidang buku seperti amazon.com dan Barnes & Noble. Dalam perlelangan ada eBay. Dan di bidang restoran/perhotelan ada priceline.com.

sumber: materi perkuliahan sistem informasi manajemen

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: