jump to navigation

Penggunaan Opera Mini Meningkat 26 Desember 2009

Posted by Nuzul Adam Sullivan in 101728.
trackback

Opera Software ASA yang juga produsen perangkat lunak penjelajah di dunia maya mengeluarkan laporan terbaru tentang State of the Mobile Web, Selasa (22 Des ’09) lalu di Oslo, Norwegia. Laporan itu disusun berdasarkan penggunaan perangkat lunak perambah situs web, Opera Mini untuk telepon seluler. Penelitian dilakukan setiap bulan dan kesimpulannya selalu sama yaitu pemanfaatan mobile web di seluruh dunia selalu bertumbuh.

Opera Software ASA, perusahaan dari Norwegia penghasil pernagkat lunak Opera Mini, mengatakan produknya sudah digunakan lebih dari 41,7 juta konsumen. Hal ini memperlihatkan 5,3 persen peningkatan dibanding bulan sebelumnya atau lebih dari 154% dibanding November 2008. Ditambahkan, Opera mengklaim jumlah pengguna program itu selama November 2009 naik hingga 9,5 persen dan data konsumsinya juga meningkat 8,3 persen dibanding bulan sebelumnya.

Sepuluh negara yang menggunakan Opera Mini adalah Rusia, Indonesia, India, Tiongkok, Ukraina, Afrika Selatan, Amerika Serikat, Inggris, Vietnam, dan Polandia. Pada laporannya bulan ini, perusahaan itu menunjukkan negara di Afrika, Afrika Selatan yang banyak memanfaatkan web mobile, sejalan dengan meningkatnya penggunaan jejaring sosial. Afrika Selatan berada pada nomor enam dari 10 negara pengguna Opera Mini terbesar.

Data itu sejalan dengan laporan perusahaan pengelola jejaring Facebook yang secara umum memperlihatkan peningkatan di seluruh dunia. Sementara jejaring lain yang banyak digunakan di negara Afrika antara lain Google, Yahoo, dan Wikipedia. Begitu penjelajah ini merambah ke telepon seluler, mendorong produsen seperti Nokia dan Sony Ericsson menjadi begitu terkenal di banyak negara. Tetapi ponsel Samsung yang juga memanfaatkan perangkat lunak Opera Mini justru banyak digunakan di negara seperti Afrika Selatan, Zambia, dan Namibia.

Dari November 2008 hingga November 2009, konsumen yang menjelajah halaman web di 10 negara Afrika meningkat 374%, pengguna unik naik 177%, dan pemanfaatan untuk transfer data juga melonjak 187%, demikian laporan Opera. Ghana, Kenya, dan Ivory Coast adalah tiga besar negara Afrika yang pertumbuhannya tinggi.

Sumber: Harian Suara Pembaruan

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: