jump to navigation

Kopi Berbahaya Bagi Kesehatan? 26 Desember 2009

Posted by Nuzul Adam Sullivan in Kesehatan.
trackback

Ternyata, kopi memiliki khasiat kesehatan bagi tubuh. Penelitian Universitas Harvard yang ditulis di Archive of Internal Medicine baru-baru ini mengemukakan hal ini. “Penelitian terbaru di Harvard menunjukkan, tidak ada bukti yang signifikan antara mengonsumsi kopi dan peningkatan resiko kematian, penyakit kardiovaskular, atau kanker, meskipun kopi diminum enam kali dalam sehari. Ternyata, hasil penelitian justru menunjukkan kopi sangat bermanfaat bagi kaum pria. Ini karena mengonsumsi kopi dapat mengurangi resiko terkena kanker prostat hingga 60%”, papar Asisten Profesor Kesehatan Masyarakat Universitas Harvard Rob van Dam.

Tidak hanya itu, kadar kafein yang terkandung dalam kopi bisa menekan resiko penyakit berat lainnya seperti stroke, Alzheimer, Parkinson, dan kanker usus. Hal-hal tersebut sudah terbukti secara ilmiah. Kopi bisa menekan resiko penyakit-penyakit berat itu hingga lebih dari 30% dibandingkan orang yang tidak meminum kopi.

Namun, kopi tidak boleh terlalu berlebihan dikonsumsi, terlebih bagi anak-anak dan remaja. Apalagi jika dicampur dengan krim atau campuran lainnya. “Yang menjadi masalah adalah saat kafein bercampur dengan zat lain yang terkandung dalam krim atau lainnya. Kontaminasi keduanya bisa mengakibatkan masalah karena tubuh belum tentu bisa mengelolanya”, papar Psikiatri dari Universitas John Hopkins Eva Burnet.

Dikatakan, campuran antara kafein dan zat lain bisa mengakibatkan perasaan yang tidak menentu, emosi meninggi, dan susah tidur. Ini yang terkadang disalahartikan dengan mengatakan kopi berbahaya bagi kesehatan.


Sumber: Harian Suara Pembaruan

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: