jump to navigation

Contoh Aplikasi Menabung, Tutup Rekening, dan Pembukaan Tabungan 20 Mei 2011

Posted by Nuzul Adam Sullivan in Tugas Terapan Komputer Perbankan.
trackback

Langkah pembukaan rekening tabungan dari segi pengoperasian sistem aplikasi adalah pemilihan dan penggunaan fasilitas menu yang di sediakan pada sistem tersebut. Banyaknya fasilitas menu yang tersedia pada sistem tersebut membutuhkan alur data yang jelas untuk pembukaan rekening yaitu hanya menggunakan menu tertentu.

Pertama yang harus di lakukan, yaitu menuju teller bank yang di tuju untuk menanyakan langkah-langkah pembukaan rekening di Bank tersebut. Setelah itu mengisi perjanjian antara pihak Bank dengan nasabah. Jika semua sudah selesai perjanjian antara bank dengan nasabah, kita akan mendapatkan no rekening yang kita mohon dari bank.

Penarikan Tabungan
Penarikan tabungan dilaksanakan dengan bantuan proses earmarking (pengkonfirmasian transaksi antar cabang) dimana petugas yang bersangkutan langsung mengetahui posisi saldo rekening penabung melalui bantuan input komputer. Dengan cara ini petugas yang bersangkutan langsung dapat mengetahui ada tidaknya dana yang akan ditarik direkening penabung/nasabah.

Tutup Rekening
Contoh surat cara mengajukan aplikasi tutup rekening..
Untuk,
Manager Bank,
Ludhiana.

Menutup rekening, Ref;
Reg: A c / No :…………………….

Dengan Hormat,

Saya ingin mengatakan bahwa saya adalah pelanggan bank Anda dari masa dua tahun, jadi saat ini saya tidak ingin menggunakan account tersebut. Jadi tolong menutup rekening bank no :-………….. dengan segera. Bersama aplikasi ini saya telah menyerahkan buku cek saya. Dimohon untuk menutup account saya.

Terima kasih atas perhatian Anda.

Hormat saya

Sistem Aplikasi Tabungan
Penerapan sistem aplikasi tabungan atau sistem aplikasi giro pada dasarnya adalah mengubah pengolahan data dari sistem manual yang bersifat prosedural atau langkah-langkah pelayanan tabungan untuk menjadi pengolahan data dengan menggunakan komputer. Secara umum penggunaan sistem aplikasi ini tidak mengubah pengertian atau prosedur-prosedur mengenai tabungan yang berlaku standar untuk setiap bank. Perbedaan yang ada lebih bersifat pelayanan terhadap nasabah, perhitungan bunga secara otomatis, dan cara pelaporan (reporting).

Kemampuan sistem aplikasi tabungan berbeda-beda antara satu bank dan bank lainnya. Sebagai contoh, ada sistem aplikasi tabungan yang bisa mengakomodasikan sistem on line. Tetapi masih ada bank yang menggunakan sistem aplikasi tabungan yang hanya bisa dioperasikan off line dan hanya terpasang di satu komputer (stand alone). Perbedaan kemampuan dan kapasitas sistem tersebut menyebabkan banyaknya berbagai jenis sistem aplikasi tabungan atau giro yang digunakan oleh bank-bank di Indonesia, baik yang dikembangkan sendiri oleh sumber daya intern bank maupun yang dibeli dari vendor atau software house.

Sistem aplikasi tabungan di sini adalah aplikasi yang memungkinkan diterapkannya sistem on line dan bisa digunakan oleh banyak pengguna (multi user). Aplikasi ini juga telah terintegrasi atau terhubung dengan aplikasi general ledger sehingga pada pembuatan laporan neraca, sistem aplikasi tabungan tidak perlu memasukkan (input) ulang ke aplikasi general ledger tetapi secara otomatis dilakukan posting.

Sumber: Dari beberapa situs website dan blog mengenai ilmu perbankan

About these ads

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: